Apa itu Shitposting? Pengertian Shitposting dan Asal Mulanya di Internet

Share:


Shitposting adalah tindakan mengirimkan konten yang agresif, ironi, maupun troll tingkat rendah dalam skala yang besar. Biasanya shitposting dilakukan di forum internet  maupun media sosial. Terkadang, shitposting digunakan untuk mengalihkan pembicaraan atau membuat para pengunjung situs web menjadi kurang nyaman.

Awal mula Shitposting



Tidak diketahui asal mula penggunaan kata shitposting ini dimulai. Namun dilansir Know Your Meme, diketahui terdapat di suatu forum bernama Something Awful pada tanggal 10 April 2007, dimana pengguna bernama OhSNAP!Tray menggunakan kata tersebut sebagai gambaran betapa kacaunya situasi di thread BYOB.

Penyebaran Shitposting di Internet


Pada tanggal 28 Juni 2007, pengguna forum Penny Arcade bernama IHasABucket mengomentari salah satu thread tentang berbagai jenis musik EDM (Electronic Dance Music) sembari mengkritik pengguna lain dikarenakan melakukan shitposting pada thread tersebut.

Pada tanggal 4 Januari 2008, pengguna Urban Dictionary bernama jarrynkell membuat entri untuk mendefinisikan shitposting sebagai perbuatan "untuk mengacaukan suatu kiriman/diskusi pada suatu forum".

Lalu pada tanggal 26 Maret 2010, pengguna Urban Dictionary lainnya bernama Chunky Milk menambahkan definisi baru perihal shitposting:


  1. Kegagalan membuat kiriman atau diskusi yang kondusif
  2. Ketidakmampuan untuk menambahkan informasi yang berguna ke suatu diskusi
  3. Ditambah dengan tulisan-tulisan yang provokatif yang dapat memperburuk kondisi suatu diskusi.


Pada tanggal 27 April 2011, sebuah entry  berjudul "Shitpost" dibuat di situs budaya internet Encyclopedia Dramatica yang terdaftar di board /s4s/ (Shit 4chan Says) dan subreddit /r/circlejerk sebagai wadah komunitas yang berhubungan dengan shitposting. Pada tanggal 22 Oktober, dibuatlah subreddit bernama /r/shitpost yang bertujuan untuk mendiskusikan tentang post/thread berkualitas rendah yang ada di situs reddit.

Pada tanggal 11 November 2012, pengguna Reddit bernama RustledHard menambahkan sebuah screenshot dari suatu thread di 4chan  berjudul "Now this is what I call shitposting" pada subreddit /r/4chan.

No comments