Cara Mudah Install Flarum di Localhost atau Hosting

Share:


Sebelumnyamari kita akan berkenalan dulu dengan CMS Flarum ini, Apa itu Flarum? Flarum adalah Content Management System (CMS) yang dikhusukan untuk membantu para orang-orang kreatif yang ingin membuat Forum Komunitas Internet mereka sendiri. Hadir dengan suksesor dari dua CMS Forum yang sudah cukup populer sebelumnya, yaitu esoTalk dan FluxBB, Flarum dibangun dengan tampilan sederhana namun Modern tanpa terlalu banyak menggunakan atribut-atribut CMS Forum kuno, sebaliknya Flarum menghadirkan banyak inovasi speerti tampilan yang mobile-friendly, Terintregasi dengan banyak layanan lainya, Extensible, dll. Saat ini Flarums masih  dalam tahap Beta, namun dengan perkembangan komunitasnya yang semakin masif mengindikasikan bahwa Flarum akan segera mendapatkan versi finalnya. Tampilan Demo dari Flarum bisa kamu lihat pada link http://discuss.flarum.org/.

Cara Mudah Install Flarum di Localhost atau Hosting


Untuk menginstall flarum, kamu perlu Composer untuk dapat menginstallnya. Apa itu Composer?
Composer adalah alat manajemen dependency pada PHP seperti npm (Node.js) dan Bundler (Ruby). Composer memungkinkan untuk membuat library pada project anda dan composer sendiri akan menginstall atau mengupdate secara otomatis tanpa anda harus menginstall manual.

Composer sendiri biasanya digunakan untuk framework PHP yaitu laravel. Composer bisa di install dengan mengunduh di website composer https://getcomposer.org/download/ atau jika anda menggunakan os x bisa memakai curl -s https://getcomposer.org/installer | php.


Jika sudah kamu download dan install, sekarang coba cek dulu apakah composer sudah benar-benar terinstall dengan cara :

  • Windows + R
  • cmd
  • ketik composer --version (lihat gambar dibawah)



  • Tahap pertama selesai, sekarang buka Xampp Control Panel, Start Apache, MySQL, dan FileZilla. Lalu buat folder untuk tempat instalasinya di direktori C:\xampp\htdocs\flarum untuk yang berwarna merah kalian buat terserah, tapi saran saya ikuti tuorial ini saja. 


  • Lalu kembali ke cmd, dan ketikkan folder yang kita buat tadi dengan cara cd\xampp\htdocs\flarum jika sudah segera install dengan cara ketik :


composer create-project flarum/flarum . --stability=beta


  • Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya, Tunggu proses instalasi selesai, kira kira memakan waktu kurang lebih 5 menit, sabar aja gan





  • Instalasi selesai, langsung buka web browser kamu, ketik di pencarian localhost/phpmyadmin lalu isikan seperti gambar dibawah, dan jangan lupa klik buat jika sudah selesai :





  • Jika sudah gaskan install flarumnya di localhost/flarum dengan mengisi kolom-kolom yang kosong, jika binggung ikuti contoh gambar dibawah :






  • Tetew forumnya sudah bisa diakses, tapi cuma di localhost awkwak, jangan lupa login dengan username yang dibuat tadi.



Kenapa Flarum?

Cepat dan simpel!
Flarum adalah CMS yang dibangun dengan PHP, sudah selayaknya program ini dapat dioprasikan dengan mudah dan cepat di berbagai perangkat.

Cantik dan responsive!

Flarum diciptakan untuk Manusia!, Tim  penegembang mendesain User Interface (UI) Flarum dengan  tampilan modern gaya Flat Design yang nyaman untuk dipandang. Dibangun sebagai Forum Cross-Platform, Flarum tetap keren dilihat dari platform dengan resolusi layar apapun.

Extensible

Tim pengembang menyertakan fitur yang membuat Flarum dapat dipasangi dengan berbagai ekstensi-ekstensi yang akan membuat Flarum semakin Powerful dan fleskibel (Just like Wordpress).

Free Open Source!

Flarum hadir dengan lisnsi MIT, hal ini membuat kamu bisa langsung moncoba Flarum tanpa perlu membayar sepeserpun!.

No comments