Arti Aesthetic, Tentang dan Pengertian Aesthetic

Share:


Tentang Aesthetic

Aesthetic atau sering ditulis Aestheticyang sering dipadukan sebagai sebuah karya, mengacu pada seni visual yang terinspirasi dari retro dan musik yang terkait dengan subkultur vaporwave, yang biasanya mencakup tema huruf dan nostalgia Jepang dari tahun 1980-an dan 1990-an sistem operasi komputer dan consoles game. Selain itu, istilah ini secara luas terkait dengan lagu vaporwave 2012 "リ サ フ ラ ン ク 420 / 現代 の コ ン ピ ュ ー" oleh Macintosh Plus.



Asal Usul Aesthetic

Istilah ini memiliki asal-usul dalam filsafat seni, di mana "aesthetics" dianggap mempelajari keindahan dan rasa. Pada awal tahun 2010, istilah ini diadopsi oleh penggemar vaporwave dengan munculnya genre di Tumblr, sering disertai dengan gaya seni dari tahun 1980-an dan 1990-an. Pada tanggal 14 Februari 2012, artis Vaporwave Macintosh Plus merilis album Floral Shoppe yang termasuk lagu "リ サ フ ラ ン ク 420 / 現代 の コ ン ピ ュ ー" yang banyak dimulai dengan istilah "aesthetics". Dari selang waktu lima tahun, unggahan YouTuber ramiendoche dari lagu tersebut telah memperoleh lebih dari 7,4 juta tayangan dan 24.000 komentar.

Awal Penyebarannya di Internet

Pada 24 November 2013, Vaporwave artist Savvy J mengupload video musik berjudul "♋ AESTHETIC ♋". 

Pada 21 Juli 2014, YouTuber FrankJavCee mengunggah video satir tentang cara membuat gelombang uap, di mana ia menyebutkan secara besar-besaran penggunaan estetika dan menggambarkannya sebagai "cara hipster yang megah untuk mengatakan cantik".

Lalu pada tanggal 30 Desember, /r/vaporwaveaesthetics[7] subreddit telah diluncurkan. Dan pada tanggal 23 Februari 2015, YouTuber KidPOV mengupload video musik berjudul "The Aesthetic Song," yang memparodikan penggunaan istilah tersebut di komunitas online.

Pada 15 Juli, YouTuber FrankJavCee mengunggah sebuah video tutorial satir berjudul "HOW TO VISUAL AESTHETIC part one". Pada 13 November, Redditor Hp9rhr mengirimkan sebuah posting yang menanyakan, "Ada apa dengan e s t h e t i c?" ke /r/OutOfTheLoop. Pada 13 Desember, YouTuber Eviqz mengunggah campuran vaporwave berjudul "Aesthetic Memes" .

1 comment:

  1. Kak, boleh gak aku repost? Tapi aku tetap kasih credit kok.. ^^

    ReplyDelete