Terang Bulan atau Martabak Manis? Manakah Yang Benar??

Share:


Selamat sore, kali ini saya akan membahas perdebatan yang kembali hangat, yaitu penyebutan makanan bernama "Terang Bulan". Dimana ada pihak yang merasa tidak terima jika "Terang Bulan" disebut dengan nama "Martabak Manis" karena menanggap merusak harfiah tentang "Terang Bulan" itu sendiri. Sejauh yang saya ketahui, perdebatan ini sudah ada sejak tahun 2016.


Terang Bulan atau Martabak Manis? Manakah Yang Benar??

Ada yang mengaku bahwa di daerahnya tidak pernah ada yang namanya "Martabak Manis", yang manis h̶a̶n̶y̶a̶ ̶k̶a̶m̶u̶ hanya "Terang Bulan". Karena menurut pandangannya, Martabak adalah makanan yang menggunakan bahan seperti telur dan daging. Penyebutan "Martabak Manis" hanya merusak arti harfiah dari "Terang Bulan" itu sendiri, dikala dia memesan Martabak, malah dikasih "Terang Bulan".

Dia berdalih jangan ada penyamarataan penyebutan makanan karena tidak ingin senasib dengan "Sanyo" yang kini menjadi penyebutan lumrah untuk "Pompa air" ataupun "Aqua" yang menjadi penyebutan umum untuk "Air mineral".

Namun sayangnya, Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) yang diprakasai oleh Kemendikbud justru berkata sebaliknya, dimana penyebutan "Terang Bulan" menjadi "Martabak Manis". Adalah makanan dibuat dari adonan terigu, telur, gula, yang ditaburi bubuk kacang tanah dan cokelat, kemudian dipanggang dan dilipat.


Sedangkan untuk "Terang Bulan" versi KBBI adalah cahaya bulan, tidak gelap pada malam hari karena ada cahaya bulan. Adapun definisi yang menyebutkan bahwa "Terang Bulan" adalah corak batik yang berasal dari Pekalongan dan banyak digemari di daerah Parahyangan, memiliki ragam hias flora dan fauna pada dua sisi kain yang menyiku, kainnya berlatar gelap dengan garis luar putih di setiap bentuk motif sehingga tampak seperti cahaya bulan, motif akan terlihat jika terkena cahaya terang bulan.


Penutup Kata

Jadi menurutkamu manakah sebutan yang benar? Terang Bulan atau Martabak Manis? admin sendiri masih berpegang teguh dengan "Terang Bulan" karena memang seperti itu sebutannya di Kota Surabaya. Bagaimana dengan Kotamu?

1 comment:

  1. Hai, boleh tukeran link ga? :)
    Blog saya khusus membahas film-film bioskop terbaru
    Saya sudah simpan link blog kamu di halaman "Filmepik"
    Makasih :)
    https://filmepik.com/

    ReplyDelete